Tuesday, March 8, 2016

Budidaya Tanam Kacang Panjang


                                                          Budidaya tanam kacang panjang





          Dari budidaya tanaman sejenis kacang panjang perlu kita ketahui bahwa didalam kandungan sayur ini banyak terdapat gizi diantaranya;  sumber protein, vitamin B, kasium, zat besi, magnesium fosfor,  dan mengandung serat yg tinggi. Walaupun dengan bagai mana cara untuk membuat menunya, bisa dengan disayur atau buat lalapan sesuai selera.

Untuk mendapatkan hasil panen yang baik dan berkwalitas ada cara sekedar buat panduan. Di dalam budidaya tanam kacang panjang tergantung besar kecil atau panjang mempengaruhi berat kacang tersebut. Lahan yang baik untuk tanam kacang panjang tanah memiliki keasaman antara [PH]5-6, setruktur tanah tidak cpt padat [gembur] suhu rata rata25-35 OC kurang dari curah hujan.

Cara sederhana budidaya tanam kacang panjang:

-1 Persiapan benih, usahakan dapat benih yang ber kwalitas atau ber sertifikat yang sangat mudah di jumpai ditoko pertanian, sangat banyak farietasnya biasanya yang sangat tarik di pasaran jenis kacang panjang hijao keluaran cap panah merah.

-2 Pengolahan tanah, ddengan cara pembajakan atau sistim cangkul yg berfungsi untuk penggemburan  agar tanah mendapatkan rongga untuk pertumbuhan akar yang lebh baik. Setelah penggemburan langkah selanjutnya pembedengan, buar bedengan berukuran  lebar 80cm- 90cm dan panjang mengikuti luas area. Disela bedengan buat parit  lebar kurang lebih 40cm. Berfungsi untuk perawatan, irigasi dan lain lain.

-3 Pemupukan organic  dan pengapuran,dilakukan setelah terbtuk bedengan disusul penyebaran pupuk organic atau kompos fungsinya agar tanah lebih subur dengan ukuran 1-2ton per hektarnya  ,gembur dan tidak mudah cepat padat bahkan sedikit mempengaruhi berathasil panen  dari pada Cuma pakai kimia saja. Pegaparan dilakukan  apa bila PH tanah kurang dari 5. Pengapuran per hiktarnya  1-2 ton per hiktar dolomite/ kapur mati. Penngapuran juga dapat mengurangi/ mencegah dari terkenanya jamur pada tanah.

-4 Penanaman,  tanam 2biji perlubang dan tutup dengan tanah tipis tipis  dengan jarak 30 x 60 posisi berrbaris berurutan. Dalam penanaman kondisi tanah lembab . supaya biji kacang panjang cepat tumbuh. Biji kacang panjang akan tumbuh  4/5 hari. Apa bila 4-5 hari tidak tumbuh perlu dilakukan penyulaman segera supaya hasil panen merata.

-5 Pemupuan. Setelah 3 sampai 4 minggu segera beri pupuk susulan dengan ukuran per hiktarnya; [N] orea 150KG, TSP100kg,ditambah100kg/ha. Pemupukan dilakukan disela lubang tanaman. Apa bila tanaman mulai kuning berate kadar pupuk mulai berkurang segera tambah pupuk susulan NPK secukupnya.

-6 Perawatan meliputi penngairan rutin, pencegahan hama, penyiangan gulma atau rumput.

-7  Pemangkasan, di lakukan apabila tanaman terlalu subur dan rimbun.  Karena pabila dauun terlalu rimbun maka pertumbuhan bunga akan terganggu atau berkurang.

-8 Pemberian ajir,  funsinya untuk merambatkan tanaman kacang panjang dengancara melilitkan tanaman pada ajir yang sudah di pasang di dekat tanaman. Panjang ajir minimal 2meter.

-9 Pengendahalian hama, hama yang terdapat pada tanaman kacang panjang adalah:
Ultat penggerak yaitu memakan  polong atau biji kacang tersbut. Penangulangan dengan insektisida.
Bakteri layu gejalanya tanaman tiba tiba mendadak layu dan mati, cara mengatasinya dengan mencabut tanan yang mati.
Apis terdapat pada bagian  bawah daun brwarna hitam, cirri cirri daun keras menkerut. Penanggulangan semprot dengan insktisida
Llalat daun atau di bisa juga rengit gejalanyabintik putih atau hitam menempel pada daun, itu sangat menghambat pertumbuhan. Penanggulanganya dengan menyemprot insektisida 75 sp untuk 1 liter 1cc.

-10 Panen, dilakukan dengan cara memotong pangkalan tangkai kacang panjang.  Lakukan 3atau 4 hari sekali supaya tidak ketuwaan. Alangkah baik ny pemotongan dilakukan pagi hari atau sore harinya agar kacang panjan tetap terlihat masih segar/ tidak layu.
Umur budidaya tanam kacang panjang berkisaran minimal 3bulan siap panen, klo partum buhan lancer bisa kurang dari 90hari siap untuk panen.rata rata panen per hiktarnya bisa mencapai kurang lebih 2 ton. Tergantung juga pada jenis varietasnya.

          Demikian sedikit pengetahuan cara budidaya tanam kacang panjang semoga brmanfaat & barokah.

No comments:

Post a Comment