Monday, March 14, 2016

Budidaya Tanam Wortel



             
                                                                 Budidaya Tanam Wortel

           Wortel adalah sejenis tanaman sayuran yang yangat sering banyak dibutuhkan atau dikunsumsi oleh semua kalangan. Bukan Cuma menambah selera makan karena warnanya tapi juga sangat banyak nutrisari di dalam nya. Selainbuat sayuran wortel bisa juga buat jus segar mudah di kusumsi.
Diantara nutrisi nutrisi nya yakni;
-Vitamin A
-Kalsium
-Protein
-Zat Besi
-Karbohidrat
-Serat
-Gula
-Kalium
-Kalori
-Lemak
-Sodiom

                 Wortel sangat banya manfaat  untuk kesehatan tubuh kita. Apalagi harga wortel di pasaran relative murah dan terjangkau ddan mudah di dapatkan.
Budidaya tanam wortel sangat mudah dilakukan bisa di tanam  di dataran rendah ataupun dataran tinggi. Akan lebih bagus dan maksimal prtumbuhan nya tanaman ini di tanam di dataran tinggi antara 1500 meter diatas permukaan laut. Kalau di dataran rendah minimal 600 meter dari permukaan air laut, maka tanaman wortel akan lebih subur dan hasilnya juga maksimal.
.
Langkah langkah budidaya tanam wortel:

          PENGOLAHAN TANAH
       Pengolahan tanah dilakukan dengan cara di cangkul atau bisa juga dengan di bajak, agar tanah menjadi gembur dengan kedalaman sekitar 20cm. Setelah penggemburan secara merata langkah selanjutnya membuat bedengan lebar sekitar 1meter panjang mengikuti area lahan.  Tinggi bedengan sekitar 20cm-30cm. Disela bedengan sekalian di bentuk parit berukuran 30cm-40cm.

        Agar tanah tidak cepat padat dan kesuburan lebih baik kita tambahkan pupuk kandang atau pupuk organic dengan perbandingan 10ton-20ton per hiktanya. Tanah yang sangat baik untuk budidaya tanam wortel tingkat keasamanya mencapai PH 5,5-6,5.
Penggemburan dilakukan supaya bentuk umbinyananti lebih bagus dan maksimal. Krena klau tanam wortel diarea tanah padat bentuk wortel akan labih pendek dan akar menjadi tergangu dalam perkembanganya.

 CARA TANAM /PENANAMAN BENIH

           Cara tanam wertel ini agak berbedasama tanam sayuran yang lain seperti sawi slada dan sejenisnya.  Buatlah garis garis di setiap bedengan dalam 3cm – 4cm dengan jarak pergaris 20cm – 25 cm. Benih biji wortel yang sudah siap kita sebar pada garis garis yang sudah tersedia tp jangan terlalu banyak  lalu ditutup dengan tanah supaya biji wortel dalam posisi lembab. Dalam 1o hari bibit akan tumbuh , selama 10hari jangan tanah terlalu kering haris terjaga kelembapanya.

PERAWATAN BUDIDAYA TANAM WORTEL
Dalam perawatan  tanam wortel ada beberapa perlakuan.

    -Penyiangan gulma dengan mencabut rumput rumput liar di sekitar tanaman atau bedengan, supaya tidak meng hambat perkembangan pertumbuhan tanaman wortel.
   -Irigasi dilakukan apabila tanah mulai kering karene  setiap budidaya tanam sayuran tanah harus cukup pengairanya.
   -Pemupuan susulan dilakukan usia tanam 10hari sampai 2 minggu. Dengan pupuk non organic dengan takaran 200kg Orea dan 100kg KCL per hiktar, dengan mengoplos atau mencampur pupuk tersebut dengan cara menabur ditengah disela sela tanaman, supaya tanaman tidak terkena pupuk  secara langsung. Siram bedengan agar mempercepat/ larutkan pupuk yang tersebar.
    -Penjarangan dilakukan apabila penyebaran biji terlalu rapat sehinga jarak tanaman menjadi kurang lebih 10cm.

 PENANGGULANGAN HAMA
         Penangulangan hama dilakukan apa bila tanaman mulai ada gejala gejala terserang penyakit.
Hama yang sering terdapat pada tanaman wortel  ya itu:
-Kutu daun gejalanya daun menjadi keriting terdapat bintik putih pada  bawah daun. Cara mengatasi dengan menyemprotan insek tisida.
- Hama ulat tanah, penanggulanganya dengan member poradan pada tanah.
-Trotol atau bercak ungu pada daun yang disebabkan oleh jamur. Penanggulanganya dengan menyemprot fungisida.
        
PANEN BUDIDAYA TANAM WORTEL
Budidaya tanam wortel memang memerlukan waktu yang lumayan panjang, yaknimemanen wortel apa  bila tanaman sudah berumur 90 hari atau 3 bulanan dihitung dari paska tanam. Cara memanen yakni dengan mencabut satu persatu dan dicuci sampai bersih. Dalam tanam wortel pemanenan usahakan jangan terlalu tua, apa bila telat memanen wortel akasn menjadi keras dan rasanya tidak segar.
Budidaya tanam wortel yg dilakukan dengan cara yan baik cara tanam dan cara perawatan akan menghasilkan hasil yang maksimal yakni 25-30 ton perhiktar.

           Semoga dengan pengalaman/ artikel Budidaya Tanam Wortel ini sedikitnya dapat membantu dan bermanfaat bagi temen tani.

No comments:

Post a Comment