Wednesday, March 2, 2016

Budidaya Tanam Tomat




                                                Budidaya tanam tomat; [HORTIKULTURA]
             Tanaman tomat adalah tanaman yang berumur pendek tetapi tidak tahan dengan curahan hujan yang terlalu banyak. Budidaya tanam tomat bias di tanam diberbagai dataran [rendah/tinggi]. Hasi /buahl dari tanaman ini selain untuk bahan sayuran juga bisa digunakan untuk obat obatan. Karena di dalam buah tomat banyak terkandung berbagai vitamin diantaranya adalah vitamin A,C,K ,kalium kolesterol dan rendak kalori. Bahkan tomat bisa di jadikan bahan kosmetik di karenakan banyak terkandung vitamin didalamnya
Tanaman hortikultura jenis ini akan tumbuh maksimal danhasil nya bagus apa bila tanamnya di tempat yang sejuk yaitu diantara 25-30 derajat C. tanaman akan tumbuh maksimal 2m dan buah akan berwarna merah cerah. Namun apabila  suhu di atas itu biasanya buah cenderung berwarna agak ke kuningan dan tidak merata.
Tanam tomat yang bagus dan baik tanah mencukupi PH 5-6 tanah gembur dan cukup dalam pengairan irigasi yang teratur
               Cara cara mudah budidaya tanam tomat:
                                       -Penyemaian benih
                                       -Persiapan lahan
                                       -Pengolahan tanah
                                       -Pemupukan awal
                                       -Penanaman bibit
                                       -Perawatan
                                       -Pengendalian hama
                                       -Panen

                  -1Penyemaian benih tomat bisa di bilang sama dangan penyemaian benih terung cabai dan lain sebagainya. Yaitu perlu persiapan lahan atau dengan cara polibeg an. Kalau sistim tabor perlu membuat bedengan dan harus diatapi dengan bahan yang bisa tertembus sinar matahari.Guna atap untuk melindungi sinar matahari atau dari hujan, dan sama dengan sistim polibeg juga harus di  beri atap. Sistim polibeg lebih rumit di banding sistim tabur, kalau dengan polibeg butuh plastic ikuran kecil dan member tanah satu persatu. Dengan sarat kita campur tanah dengan merang padi di cam pur dengan pupuk kandang.
             Setelah pemberian tanah yang sudah bercampur pupuk kita siram air sampai benar benar air masuk, setelah itu baru kita tanam 1 demi 1 biji ke dalam polibeg. Mudah cukup buat bedengan dengan ukuran 1m panjang se cukupnya, beri pupuk kandang atau kompos secukupnya gembur dan campurkan pupuk kandang , buat bedengan menjadi rata. Lankah selanjutnya tabur biji tomat pada bedengan tipis tipis /jarang jarang jangan sampi bertumpuk, lebih jarang lebih baik lebih kuat bila saat penanaman. Penaburan selesai tutup dengan tanah dan jerami agar kelembapan lebih bagus.  Usahakan dalam selama penyemaiyan tanah bener basah krena akan mempercepat pertumbuhan biji.

            -2 Persiapan lahan/ pengolahan tanah: Dengan cara membuang atau membersihkan gulma atau bisa lebih cepat dengan menyemprot denganracun rumput, tapi dengan sarat penyemprotan dilakukan dengan jarak 1bulan sebelum tanam agar tidak mempengaruhi pertumbuhan tanaman.
Pengolahan tanah dilakukan dengan cara pembajakan atau dengan cara cangkul. Berfingsi untuk penggemburan tanah dengan kedalaman minimal 20cm. Setelah pembajakan selesai buatlah  menjadi beberapa bedengan. Setiap bedengan berukuran lebar 1m panjang mengikuti lahan /area penanaman. Ketinggian bedengan minimal 40cm untuk menjaga apabila kelebian air. Jarak bedengan 1 dengan yg lain diantara 40cm sampai 50cm disela bedengan akan terbentuk got atau parit, yang bisa di fungsikan sebagai sarana irigasi ,peresapan atau perawatan
.
            -3 Pemupukan awal:  Pemupuan awal yg diharuskan yaitu dengan pemberian pupuk kandang atau organic, yang berfungsi  untuk menjaga dan menyeimbangi  unsure kimia yang terdapat dalam tanah. Dalam 1hiktar dibutuhkan pupuk organic antara 10-20ton
Sebersamaan pemberian pupuk organic sekalian kita beri  dolomite atau bisa dibilang kapur mati, yang berguna untuk menjaga dari keasaman pada tanah dan bisa juga untuk mengendalikan jamur yang terdapat pada dalam tanah.

              -4 Penanaman bibit tomat:  setelah persemaiyan bibit sudah brumur 4-6 minggu sudah siap untuk di pindahkan. Penanaman dibuat secara berbaris baris agar supaya lebih muda h dalam perawatan atau pengelolaan. Setiap barisan berukuran 70x50  dari jarak kesamping dan depan.
Waktu yang paling tepat untuk perpindahan /penanaman di sore hari atau dari pagi apabila cuaca mendung. Di karenakan bibit tomat mudah layu apabila terkena sinar matahari yang panas
.
               -5 Perawatan:
 Setelah tanaman berumur 2 minggu dilakukan pengajiran, setiap satu tanaman tomat satu ajir. Pemasangan ajir dilakukan untuk mengikat batang tanaman tomat supaya aman dari angin. Karena batang tanaman tidak sangat lah, kuat pemasangan ajir akan mempermudah perawatan tanaman.
Penyiangan gulma /rumput bisa dilakukan setiap hari, pabila gulma tumbuh liar akan mengganggu pertumbuhan tanaman.gulma atau rumput akan ikut memakan pupuk yang telah kita berikan.
Penyiraman dilakukan setiap hari pagi dan sore hari karena tanaman  jenis sayuran sangat mambutuhkan air yang sangat cukup.
Pemupuan susulan dilakukan 3-5kali pada masa masa pertumbuhan yakni dengan pupuk NPK 15-15-15 dengan dosis 2gram pertanaman.
Pemangkasan daun atau pangurangan daun perlu dilakukan apa bila tanaman terlalu subur. Pemangkasan berguna untuk mempercapat proses pembuahan dan memaksimalkan pada  buah.

             -6 Pengendalian hama pada budidaya tanam tomat
Hama yang sering terdapat pada tanaman tomat ya itu
-Ulat buah: menyerang pada buah yang masih muda berdampak nampak berlubang bahkan berakbat busuk buah. Penyemprotan dengan insektisida.
-layu pusarium; sejenis penyakit firus  disebabkan oleh karena tanah terlalu lembab. Penyemprotan menggunakan fungisida.
-kutu putih;  terdapat pada daun terlihat ada warna putih hama ini  memakan sari sari daun, sehinga apa bilatelat penanganan daun akan keriting.  Penyemprotan dengan insektisida.
-lalat buah ; menyerang pada kulit buah sehingga buah capat busuk sebelum pemetikan atau panen. Penyemprotan menggunakan insektisida.

               -7Panen :
Budidaya tanam tomat panen  sekitar umur 80-90 hari  dari masa tanam . pemetikan dilakukan setiap 3hari atau maksimal 4 hari sekali, supya buah tetep kelihatansegar. Pemetian buah usahakan kematangan maksimal 70-75 persen kematangan. Karena apabila telat petik tomat akan cepat kelihatan layu.

                         Demikian cara ringkas budidaya tanam tomat, semoga  bermanfaat dan brkah

No comments:

Post a Comment