Tuesday, March 15, 2016

Budidaya Tanam Mentimun



                                                       Budidaya Tanam Mentimun

               Budidaya Tanam Mentimun  sangat mudah namun memerlukan perawatan yang baik dan benar, penanaman  mentimun lebih baik pada musim musim kering atau tidak banyak curah hujan. Tanam mentimun bisa di lakukan di dataran rendah maupun dataran tinggi, kurang lebih 1200m dari permukaan air laut. Walaupun tanaman ini retan  terhadap cuaca atau hama namun para petanisanagat senang tanam karena modal gak terlalu banyak tapi hasil nya cukup lumayan.
Budidaya tanam mentimun yang baik ditanam pada tanah liat /lincat tidak terlalu banyak pasir. Karena tanaman ini membutuhkan kelembapan atau kandungan air yang cukup, tingkat keasaman berPH a ntara 5,5 -6,5.
 Bukan Cuma budidaya nya yang mudah hasil buah mentimun ini sangat bayak disukai oleh siapapun bukan Cuma manis dan kesegaranya tapi banyak nitrisi di dalam buah tersebut yakni; Vitamin K, Anti oksidan , Vitamin C, Vitamin A , dan juga mengandung kalium yang tinggi. Buah mentimun ini juga sangat cocok untuk membantu tekanan darah tinggi.

 Diantara cara cara Budidaya Tanam Mentimun adalah:

               PEMILIHAN BENIH yang baik dengan memilih buah timun yang bener bener  tua atau masak yg panjang dan besarnya benar benar maksimal. Diamkan buah berapa hari supaya layu dan sudah tidak terlalu keras supaya pengambilan biji ketimun mudah. Kerok dengan pisau atau sendok makan sampai semua terambil, cuci biji mentimun dengan air sampai bersih. Kemudian rendam biji mentimun dari situ kita pilih biji timun yang baik, buang biji yang mengambang dan ambil yang tenggelam di air. Jemur  beetul biji mentimun 2/3 hari sampai betul kering, penyimpanan taruh dalam botol yang besih dan tutup botol sampai betul betul rapat. Biji mentimun sudah siap tanam 2 bulan selanjutnya.

           PENGOLAHAN TANAH dengan cara cankul atu pembajag kan, pengolahan tanah dalam Budidaya Tanam Mentimun ini hamper sama dengan Budidaya Tanam Sayuran yang lain. Yakni membuat bedengan sebelum tanam dengan ukuran 80cm -1 meter tingi 30cm – 40cm panjang mengikuti lahan yang sudah tersedia. Disela bedengan buatlah parit lebar 40cm dalam 30cm. Tabur kapur mati [dolomite] 1-2 ton untuk mencukupi tingkat PH tanah.
Agar tanah tidak cepat padat dan tanaman mentimun tumbuh dengan baik dan subur  lahan harus diberi pupuk organic atau bisa campur kotoran ayam atau kotoran kambing. Dengan ukuran 15-25ton per hiktarnya. Diamkan 7hari – 14 hari sebelum penanaman.

           TANAM BIJI/BENIH TIMUN sebelum penanaman usahakan tanah pusisi tidak kering sebelum nya kita siram terlebih dahulu, jarak tanam mentimun yang baik adalah satu bedengan diisi dua baris 40cm kesamping, 50-60 cm jarak barisan. Buat lubang dan beri 1atau 2 biji kemudian tutup dengan tanah supaya biji mentimun tetep lembab dan cepat tumbuh. Penyiraman dilakukan pagi dan sore hari untuk mempercepat tumbuhnya benih biji yang sudah tertanam.

          PEMUPUAN SUSULAN dilakukan setlah tanaman berumur 14hari  dengan menambah pupuk cair sistim organic yang dibuat dari kotoran hewan kambing yang sudah di FERMENTASI. Dengan menyiram dekat tanaman  dengan ukuran 1 liter untuk per 1meter peseginya.

          PERAWATAN
 Meliputi pembersian / pecabutan gulma karena dapat mengganggu  perkembangan pertumbuhan tanaman.
Pemasangan ajir/lanjaran untuk mendapatkan hasil panen buah yang maksimal. Setiap 1 tanaman mintimun berikan 1 ajir dan ikat tanaman pada ajir bambu untuk membantu melilit tanaman tersebut.
Pengedalian hama penyakit, yang biasa sering terdapat pada tanaman mentimun yakni; oteng oteng memakan sari daun pencegahan dengan insektisida. Ulat tanah menyerang pada akar tanaman, pencegahan dengan poradan atau obat biru. Busuk daun, bercak daun, busuk buah  yang disebabkan oleh jamur , penanggulangan dengan fungisida.

MEMANEN BUDIDAYA MENTIMUN
Budidaya Tanam Mentimun adalah tanaman yang berumur pedek , panen di lakukan sekitar tanaman berumur 70-80 hari, karena tanaman berumur 3 minggu akan mulai berbunga. Cara panen dengan memotong tagkai buah  atau memetik buah. Setelah terkumpul cuci mentimun dengan air bersih supaya terlihat segar dan siap edar di pasaran.
Budidaya Tanam Mentimun dalam satu hiktarnya dapat mencapai 20-25 ton hasil panen. Tergantung tingkat perawatan dan maksimal pertumbuhanya.

 Dengan artikel yang sederhana ini semoga dapat mebantu dan menjadi inpirasi untuk Budidaya Tanam Mentimun, semoga bermanfaat dan berkah.

No comments:

Post a Comment