Wednesday, March 16, 2016

Budidaya Tanam Sayur Di Pekarangan



                                                 Budidaya Tanam Sayuran Di Pekaranga


                Budidaya tanam Sayuran Di Pekarangan Rumah
 Yakni mempergunakan atau memanfaatkan area pekarangan yang terbatas sangat cocok apabila kita tanam sayuran. Banyak jenis sayauran yang mudah ditanam ditaman contohnya ssawi hijau, bayam caabut, kangkung, kacang panjang, terung dan masih banyak macam sayuran yang lain.
Tanam sayuran ditaman sedikit bisa mengurangi anggaran pengeluaran untuk belanja sayur. Tanam sayuran ditaman juga bisa jadikan kegiatan kecil / hiburan tapi meng hasilkan. Bahkan kita dapat mengamati dengan bai. Tanam sayur di pekarangan akan lebih baiknya bila cara tanamnya sistim 0rganik alami walaupun ada jeenis tanaman yg sedikit menggunaka bahan kimia hanya untuk menanggulangi hama.

 Yang paling mudah dan senang tanam yakni sawe bayam kangkung. Krena tanaman ini pertumbuhanya sangat cepat  dan umurnya yang hanya beberapa hari aja kita dapat rasakan hasilnya. Tanam sayur ditaman atau pekarangan dengan sistim polibag atau pot.
Tanam sayuran dalam pot atau polibag bisa mempermudah perawatan dan dapat menghemat system pemupukan, karena pupuk tidak terseber kemana mana. Dan tidak mudah tirserang penyakit atau firus pada akar tanaman. 

1-PERSIAPAN BAHAN:

           Penyiapan polibag , pot plastic, atau ember yang diameternya kurang lebih 25cm tinggi 20-25cm. Berilubang pada polibag atau pot sebesar pensil di beberapa bagian, untuk membuang air apa kelebihan. Karena apabila tergeneng air menerus tanaman tidak kuat /bacek.
Penyiapan tanah, pengoplosan tanah dengan pupuk kandang /kompos. Apila tidak punya pupuk kandang sendiri kita dapat beli pupuk organic kemasan yang sudah di FERMENTASI di took pertanian terdekat. Pengoplosan pupuk kompos dengan tanah perbandinganya 1ember pupuk kandang dicampur tanah 2-3 ember.

2-CARA PENANAMAN

        Langkah awal isi polibag atau pot dengan tanah yang sudah tercampur tadi sisakan 3cm untuk tapungan air waktu penyiraman.Siram tanah yang sudah diisikan tadi sampai bener bener basah/lembab.
Tanam biji sayuran secara langsung tergantung jenis sayuran. Kalau sejenis sawi dalam 1 pot di isi hanya beberapa bija saja klau sejenis bayam cabut atau kangkung cabut bisa di isi sesuai keinginan karena batangnya yan kecil.
Buat garis garis pada permukaan tanah dan tabur benih/biji sawi pada garis tersebut dan tutup taburan biji tadi denngan tanah tupis tipis 1-2cm.Siram kembali hingga bener lembab. Dalam3-5 hari biji tersebut sudah mulai tumbuh.

3-PERAWATAN
        -Kontrol dan amati bisa tiap hari  pagi atau sore hari dilakukan diluar jam kerja.
         -Siram tanaman pagi dan sore hari apa bila tanah mulai kering/ tanaman kelihatan layu.
        -Peemberian pupuk susulan apa bila daun mulai menguning utau kandungan pupuk mulai berkurang.

        Tanaman jenis sayuran sawi bayam dan kangkung ini biasanya cukup 1kali pemupuan sudah cukup dikarenakan umur tanam yang pendek. Untuk Budidaya Tanam Sayuran di taman atau pekarangan juga membutuhkan sinar matahari agar pertumbuhan tanaman bisa semaksimal mungkin. Memanfaatkanpekarangan menjadi  lebih berfungsi menjadi warung hidup.

Demikian artikel Budidaya tanam Sayur  di taman/ pekarangan kami tulis semoga bermanfaat dan berkah.

No comments:

Post a Comment